Penyebab Sering Sariawan Di Mulut dan Solusinya


cara alami obati sariawan
Sariawan

Apakah anda mencari informasi penyebab sering sariawan di mulut dan solusinya? Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang organ mulut manusia mulai sakit gigi, sariawan sampai nafas yang tidak sedap. Disetiap masing-masing penyakit memiliki penyebab sendiri-sendiri, yang pasti karena kita kurang menjaga kebersihan dan kesehatan diri kita. Namun dalam beberapa penyakit diatas, sariawan merupakan masalah yang sering muncul.

Penyebab sering sariawan di bagian mulut ini dipengaruhi oleh beberapa factor umum seperti kebersihan mulut, imunitas menurun, hormonal dan masih banyak lainnya. Namun munculnya sariawan ini karena adanya perubahan struktur dan juga sel-sel yang di dalam organ pencernaan mulut. Sariawan dapat menyerang beberapa tempat sekaligus seperti pada lidah, bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi dan juga tenggorokan.

Sariawan memang bukanlah perkara penyakit yang berat, tapi jika sariawan muncul bersama-sama dalam di beberapa titik, pastinya anda merasa terganggu saat menjalani rutinitas setiap hari. Menurut penelitian sariawan juga ada yang bersifat genetic, sehingga sariawan ini akan datang secara terus menerus. Sehingga akan sulit untuk dicegah untuk tidak tumbuh lagi. Tapi jika anda bisa tahu factor apa saja yang bisa menyebabkan sariawan datang, anda bisa mengupayakannya agar sariawan tidak kembali. Berikut beberapa factor penyebab sariawan :

  1. Mulut tergigit. Kebiasaan makan terburu-buru sering kali membuat kita tidak sengaja menggigit bagian mulut kita semisal lidah ataupun bibir bagian dalam. Jika hal ini tidak segara anda tangani, besar kemungkinan akan menumbuhkan sariawan.

  2.  Kurangnya nutrisi yang terkandung di dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh melemah. Beberpa penyakit akan mudah menyerang tubuh kita saat daya tahan tubuh kita melemah. Kurang zat besi, vitamin B12 dan vitamin C bisa menyebabkan munculnya sariawan.

  3. Kebersihan mulut yang kurang terjaga. Mulut jika tidak di jaga kebersihannya akan banyak terdapat kuman dan bakteri. Akan sangat mudah menginfeksi jika ada luka di area mulut sehingga mempermudah untuk tumbuh sariawan.

  4.       Daya tahan tubuh lemah

  5.       Penggunaan pasta gigi yang kurang cocok

  6. Mengkonsumsi makanan penyebab sariawan. Makan yang bisa mengundang sariawan adalah jenis makanan pedas dan berminya. Jenis makanan ini bahkan bisa menyebabkan panas dalam dan bibir pecah-pegcah sehingga akan memperparah sariawan.

Solusi untuk mencegah sariawan:
  
  1. Sebaiknya makan dengan tenang dan tidak terburu-buru supaya tidak tergigit. Memakan makanan yang kaya vitamin C akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga sariawan tidak mudah menjangkiti.
   
  2. Mencukupi kebutuhan zat besi, vitamin B12 dan vitamin C. Anda harus sering-sering mengkonsumsi makanan terutama sayur dan buah yang kaya dengan kandungan-kandungan tersebut. Apalagi bagi anda yang terlalu sering mengalami sariawan, jangan sembarang memilih makanan. Menjaga dari makanan berminyak dapat mengurangi resiko terkena penyakit sariawan.

 3. Melakukan sikat gigi dengan teratur guna menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Tapi juga perhatikan cara menggosok gigi yang benar, karena jika kita terburu-buru dan dengan menggunakan cara yang salah, maka email yang melindungi gigi akan menghilang dan gigi akan menjadi rentan dan mudah keropos. Selain itu agar tidak melukai bagian-bagian dalam mulut.

 4. Melakukan olahraga yang cukup juga merupakan solusi yang harus anda jalani. Karena untuk membentuk imunitas yang kuat juga harus diimbangi dengan berolahraga.


Demikian pembahasan singkat kami tentang  penyebab sering sariawan di mulut beserta solusinya. Banyak orang yang menyebabkan penyakit sariawan adalah kekurangan vitamin C, tapi sebenarnya tidak cukup dengan memakan makanan yang banyak mengandung vitamin C saja. Semoga pembahasan kami bisa bermanfaat bagi anda.


Blog, Updated at: 7/23/2017