5 Trik Ampuh Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca pada HP Android

Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali pada hp android itu bisa dilakukan sendiri. Memang sih tidak hal yang gampang, tapi tidak juga susah. Penyebab memory card tidak terbaca salah satunya adalah keseringan transfer data tanpa dieject terlebih dahulu, memori card jarang digunakan, kualitas memori tidak bagus, karena virus dan lainnya. Anda bisa mempelajari cara memperbaikinya agar tidak mengalami bingung saat terjadi masalah ini. 

Faktor utama penyebab kerusakan pada memori card adalah sering dipindah-pindahkan pada hp yang satu ke hp lainnya. Akibat perpindahan ini kuningan yang terdapat pada memory lama-kelamaan lecet dan akhirnya tidak terbaca oleh ponsel. Apalagi untuk menstranfer file dan menyimpan data. Walaupun memang ada kemungkinan bisa membuat memori terbaca lagi pada hp, tapi tak semua jenis kerusakan mampu diatasi seratus persen. 

Kerusakan yang tidak bisa diperbaiki antara lain karena kartu pecah, terkenal air, terpapar sinar matahari terlalu lama dan terpotong di bagian kuningannya tentu tidak bisa dikembalikan normal lagi. Tapi kalau masalah kartu memori tidak terbaca di android karena kerusakan internel seperti file video rusak, foto, data, ataupun file musik masih bisa dinormalkan lagi seperti semula. Memungkinkan beberapa filenya hilang atau terhapus. 

Maka, setiap Anda mempunyai file pada memori card sebaiknya memiliki back up data. Sehingga, jika hilang Anda tetap mempunyai data di penyimpanan lainnya. Nah, berikut ini cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca sama sekali pada android Anda!

Perhatikan Kapasitas HP, Pastikan Kapasitas Memorinya Sesuai 

Sebelum Anda memasang memori card pada hp, ketahui dulu berapa kapasitas memory eksternal ponsel tersebut. Pastikan memory yang Anda gunakan ukurannya sesuai dengan kapasitas hp. Umumnya, ponsel android dapat menampung memori eksternal dengan kapasitas 2 hingga 32 GB. Lihat dulu spesifikasinya. 

Bersihkan kartu memori yang tidak terbaca di android

Ada kemungkinan hp android tidak mau membaca memori adalah karena kotor. Keluarkanlah dulu kartu memori dari hp dan matikan hp Anda. Kemudian, ambillah penghapus pensil berwarna putih, lalu gosokkan secara perlahan di bagian lempengan tembaga kartu memori. Setelah sekiranya sudah bersih, pasang kembali dan hidupkan ponsel. Pastilah sudah terbaca. 

Cek dari PC

Anda bisa menggunakan PC sebagai cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali pada ponsel smartphone. Hubungan dulu ponsel android ke PC atau laptop melalui kabel data. Pilih Mass Storage Mode (MSC) bukannya Media Transfer Mode (MTP). Selanjutnya buka windows explorer dan klik kanan drive memori Anda. Lalu, pilih properties, klik tools dan klik error checking. Tunggulah sampai proses pengecekan selesai. Berikutnya, ejeck kartu memory. Cek lagi sudah terbaca atau belum. 

Format dari HP Android

Setelah kedua cara diatas, tidak bisa mengembali kartu memori tidak terbaca di android, Anda bisa memformatnya. Format bisa dilakukan melalui hp dengan cara masuk ke menu Setting >> Storage >> Erase SD Card. Selain lewat hp, Anda bisa melakukannya dari PC atau Laptop. Buatlah dulu folder baru dengan nama terserah Anda. Folder ini nantinya diis file dari kartu memory atau untuk backup data. 

Setelah Anda mengcopy dan paste isi memory card ke folder tadi. Selanjutnya formatlah kartu memorinya. Setelah itu, kembalikan lagi data yang tersalin tadi dari folder ke memory card. Lalu, cek kembali masih bisa dibaca atau tidak.


Blog, Updated at: 8/09/2017