Trik Mudah Membuka Hp Android yang Lupa Kunci Tanpa Harus Menghapus Data

Kamu akan mengaktifkan kunci dengan pola, pin atau password pada hp android untuk melindungi data-data agar tidak dibaca oleh orang lain. Langkah ini adalah tepat, dengana adanya pin yang hanya kamu yang tahu, orang lain tidak bisa membaca pesan atau aktivitas mu di media sosial. Apalagi membajak akunmu untuk membuka hp saja sangat sulit.


Meski password atau pin kamu buat sendiri, terkadang sifat lupa bisa datang kapan saja. Itu hal yang wajar, setiap manusia pasti pernah lupa. Kalau sudah lupa begini, kamu akan mengulangi memasukkan beberapa pin atau pola dan akhirnya tetap tidak bisa. Jika sudah terlanjur lupa seperti ini, Anda bisa mengikuti trik yang kami bagikan ini!

Inilah Cara Membuka Hp Android yang Lupa Kunci

Mungkin dulu ketika kamu lupa kunci smartphone harus melakukan factory reset agar bisa menggunakan ponsel lagi. Kalau sudah factory reset berarti semua data ponsel hilang dan kamu pasti bingung bagaimana mengembalikannya. Sekarang, kamu tak perlu melakukan hal itu lagi karena ada cara membuka kunci hp android tanpa menghilangkan data sedikit pun kok. Begini langkahnya :

Menggunakan Fitur Forgot Password

Ketika kamu salah dalam memasukkan pola, pin atau password, maka segera menggunakan fitur forgot password. Pastikan dulu hp android yang lupa kunci itu mempunyia koneksi internet >> pilih Forgot Password/ Pattern >> Sign In ke akun gmail kamu dengan isi email serta kata sandi. Setelah itu, hp android kamu sudah dapat dibuka dan dipakai seperti semula.

Dengan Android Device Manager

  1. Pertama, bukalah website Android Device Manager menggunakan browser pada PC atau Laptop atau bisa pula pinjam smartphone teman. 
  2. Kemudian, login dengan akun Gmail yang sama kamu pasangkan pada hp androidmu yang terkunci tadi.
  3. Setelah bisa masuk, ada pilihan Ring, Lock dan Erase, kamu pilih yang Lock.
  4. Setelah memilih Lock, akan muncul menu yang untuk mengubah password kamu. Buatlah password baru yang kemudian diterapkan pada ponsel android mu.


Langkah ini bisa mengembalikan semua kunci, baik dalam bentu pola, pin maupun password bisa digantikan dengan password kamu yang baru dibuat itu. Asalkan kamu tahu akun gmail beserta passwordnya yang digunakan di hp android kamu dapat diatasi masalah lupa kunci ini.

Gunakan Panggilan Telepon

Cara membuka android yang lupa kunci selanjutnya bisa dengan panggilan telepon. Pinjam hp teman atau gunakan hp kamu yang lain dan telepon nomor yang ada di hp android yang terkunci. Kemudian, jawablah panggilan itu dan jangan dimatikan dulu. Selanjutnya, tekan tombol home dan matikan fitur kunci passwors, pola atau pin dengan menu pengaturan. Atau aktifkan data seluler dan terapkan cara pertama diatas.

Langkah ini bisa berhasil pada sebagian merek hp android dan tidak pada sebagian lainnya. Namun, masih dapat dicoba sebagai usaha untuk membuka ponsel kembali.



Jika kunci tidak terbuka dengan cara tersebut, kamu harus melakukan factory reset. Matikan hp android dulu, lalu tekan tombol volume up dan home secara bersamaan sekitar 5 detik sampai terasa getaran-getaran. Kalau tidak bisa tekan tombol volume down dan home bersamaan. Tergantung mode merek android yang kamu miliki.

Setelah bisa akan masuk pada mode recovery dan gunakan tombol volume bawah atau atas untuk memilih menu Factory Data Reset. Setelah itu, pilih Yes dan Delete All Users. Lalu, pilih Reboot System Now dan tunggulah sampai proses selesai.


Blog, Updated at: 8/09/2017