Trik Aman Dalam Menjual Hp Android Supaya Data Tidak Dicuri


Saat ini kegunaan android semakin luas dan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. HP android bisa untuk menyimpan data-data penting, foto, file pekerjaan dan lainnya. Bahkan mungkin data perbankan mulai dari foto rekening hingga PIN ATM kamu simpan di ponsel agar tidak kelupaan nantinya. Menyimpan semuanya di ponsel memanglah mempermudah kegiatan yang dilakukan. Karena selalu dibawa kemana saja dan tidak pernah dilupakan. 

Kamu pun menghiasi HP android dengan berbagai aksesoris dan mengusahakannya agar tetap hidup sepanjang hari menggunakan power bank. Android sudah seperti asisten pribadi yang selalu ada dalam keadaan apapun. Ketika sudah bosan dengan ponsel android yang lama, daripada mubazir kamu akan menjualnya. Lalu menambahkan sejumlah uang untuk membeli android tipe terbaru yang lebih canggih lagi dengan fitur terbaru dan sedang trend. 

Ketika kamu berencana menjual HP android harus waspada. Jika masih ada datatersimpan pada hp android dapat dibajak atau dicuri si pembeli. Kamu harus bisa mengamankan data pribadi sebelum akhirnya menjual ponsel ke orang lain. Karena kalau tidak, dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang buruk dan kamu yang akan merugi kedepannya. Agar kamu merasa tenang, ketika hp di tangan orang lain. Ikutilah trik ama menjual hp android agar data tidak dimanfaatkan orang lain berikut ini!

Trik Aman Menjual Ponsel Android

Cek ponsel android dan pindahkan data ke PC atau kartu memory penyimpanan kamu. Pastikan semua file sudah kamu pindahkan dan tidak ada terlewatkan. Periksa kembali satu persatu aplikasi, setelah dirasa sudah dipindahkan, lalu kembali ke pengaturan pabrik. Caranya dengan Factory Reset atau disebut juga dengan Hard Reset. Inilah tahapan-tahapannya : 

· Cari menu Setting dan bukalah

· Pilih Storage

· Selanjutnya, pilih Factory Data Reset dan Reset Phone

· Jika kamu mensetting password pada hp android kamu, maka masukkanlah password itu. 

· Tunggulah beberapa saat, hp akan restart otomatis dan selesai. 

Setelah melakukan cara ini, kamu berarti menghapus seluruh data dan tidak ada lagi apapun yang terekam pada ponsel android. Hal ini berarti datamu akan hilang dan tidak bisa diakses oleh orang lain. Jadi, segera lakukan penjualan. Selain dengan factory reset, kamu juga dapat melakukan Hard Reset. 

Hard Reset

Jika hp android kamu tak dapat melakukan boot berarti tidak mampu melakukan factory reset. Maka, kamu mesti mengikuti alternatif kedua ini yaitu menggunakan reset dari Recovery Android. Cara ini juga menghapus semua data diri kamu pada ponsel. Kalau masih bingung mencari caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Begini caranya !

· Matikan hp android kamu mati dan pasanglah kabel untuk charger.

· Kemudian, tahan tombol power dan volume down sampai kamu terasa 2 kali getaran. 

· Akan muncul tampilan Recovery Android dan pakai tombol volume down sebagai navigasi menu. Sedangkan tombol power untuk konfirmasi jawabannya. 

· Pilih Wipe Data/ Factory Reset dan kemudian pilih Yes. 

· Ponsel akan melakukan proses dan tunggu hingga beberapa saat, hp akan restart otomatis. Selesai.

Cukup mudah bukan kedua alternatif ini. Jika semua data terhapus, tentu kamu tidak was-was atas pencurian data atau pemanfaatan data pada ponsel kamu untuk hal-hal yang tidak menyenangkan. Setelah melakukan langkah-langkah diatas, sebaiknya periksa lagi hp android kamu. Pastikan PIN perbankan yang kamu simpan pada ponsel sudah hilang.

Tetapi jika anda lupa melakukan hal-hal tersebut diatas dan anda telah terlanjur menjual HP anda, maka anda harus melakukan reset HP secara online. Berikut cara menghapus data HP anda secara online menggunakan salah satu fitur google :

  1. Buka link Android Find
  2. Login Masuk dengan akun Google/Gmail anda
  3. Pilih perangkat anda yang hilang
  4. Kemudian pilih "Aktifkan kunci & Hapus". kemudian anda akan disajikan pilihan : Putar suara, Kunci dan Hapus. 
  5. Jika anda ingin menghapus semua data HP anda secara permanen maka pilih Hapus, maka data Hp akan terhapus permanen kecuali data dikartu memori anda.
  6. Untuk memastikan Data HP anda terhapus, anda klik kembali "temukan perangkat saya". Jika sudah tidak berfungsi kembali berarti data Hp anda telah dihapus permanen.  


Blog, Updated at: 8/10/2017